Kembangkan Kompetensi, Kemenag akan Latih 13 Ribu Guru Agama di Sekolah

Wecome Musikktropp di Situs Kami!

Musikktropp – Kementerian Agama (Kemenag) bersiap melaksanakan Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PPKB) Petunjuk Teknis (Bimtek) Guru Agama Islam (PAI) di sekolah. Lebih dari 13.000 guru PAI di seluruh Tanah Air akan mendapatkan pelatihan tersebut. kesempatan.Berpartisipasi dalam pengembangan keterampilan di bidang pendidikan dan kejuruan. Kembangkan Kompetensi, Kemenag akan Latih 13 Ribu Guru Agama di Sekolah

Bimtek PPKB dilaksanakan secara online selama 10 hari mulai tanggal 22 November hingga 1 Desember 2023.

Direktur Pendidikan Islam Muhammad Ali Ramdani menjelaskan pengelolaan pendidikan agama di sekolah negeri menjadi tanggung jawab Kementerian Agama. Termasuk pengembangan kapasitas, guru PAI di sekolah dapat berpartisipasi dalam pengembangan keterampilan berbasis kebutuhan secara bertahap dan berkelanjutan melalui PPKB. AICIS 2024 Hasilkan Semarang Charter, Ini 9 Butir Pernyataan Pentingnya

“Kita mempunyai tanggung jawab untuk mengembangkan kompetensi guru agama Islam di sekolah.Guru PPKB memberikan kesempatan kepada guru PAI di sekolah untuk terus mengembangkan kemampuannya sesuai kebutuhan,” kata Guru Besar UIN Bandung di Jakarta. Dijelaskan pada Selasa 7 November 2023

Pria yang kerap disapa Kang Dani ini, guru PPKB tersebut mengacu pada Peraturan Menteri Agama Nomor 38 Tahun 2018 yang menekankan pada tiga unsur utama: pengembangan diri; publikasi ilmiah dan karya inovatif Lebih lanjut Dirjen menyampaikan, ketiga elemen tersebut telah dilaksanakan dalam bentuk pengembangan kapasitas di bidang pendidikan dan vokasi.

“Oleh karena itu, dalam PPKB ini kami fokus pada pengembangan kompetensi guru dalam mengajar dan berprofesi. Ruang lingkup pengajaran meliputi pelatihan perencanaan pembelajaran. gaya belajar dan penilaian pembelajaran “Untuk para profesional Ini akan mencakup studi mendalam tentang media PAI dan moderasi beragama. Publikasi akademis dan karya inovatif,” tambah Dhani.

Bimtek PPKB guru PAI ini berdasarkan hasil penilaian kompetensi (PK) yang telah dilakukan sebelumnya secara online. Guru yang menerima pelatihan prioritas adalah mereka yang belum memenuhi standar penilaian PK online.

“Berdasarkan hasil lomba PK online yang berlangsung pada Mei 2023, kami telah menetapkan jumlah peserta dan kapasitas apa yang perlu dilaksanakan,” “Kami juga sedang mengkaji ketersediaan pelatih daerah dan provinsi di akan mendukung guru di PPKB, nanti memberikan nasihat ahli,” jelas Dirjen Departemen Pendidikan Umum.

“Kami berharap PPKB ini dapat memberikan dampak yang luas kepada seluruh guru PAI dan mentransformasikannya menjadi guru agama yang profesional,” tutupnya.

Amrullah, Direktur Pendidikan Islam (PAI), yang bertanggung jawab atas proyek tersebut. Menjelaskan kuota bimbingan teknis PPKB yang diberikan kepada 13.000 guru agama khususnya yang mengikuti PK Online dan mendaftar di Siaga, “Kami membuka 650 kursus Bimtek PPKB untuk 13.000 guru PAI yang mengikuti PK Online.”Bapak dan Bu Guru dapat melihat akun notifikasinya,” Kepala Sekolah menjelaskan.

Amrullah mengatakan, dalam pelaksanaan PPKB, Bimtek menggandeng Pusdiklat Tenaga Teknis Kemenag. Berbasis platform Pintar Massive Open Online Course (MOOC) hasil kerjasama panitia PPKB, Learning Management System (LMS) PAI dan Smart, MOOC ini menggunakan pendekatan synchronous dan asynchronous. dan berharap dapat memperoleh manfaat dalam pengembangan kompetensi guru mata pelajaran agama secara menyeluruh. Kembangkan Kompetensi, Kemenag akan Latih 13 Ribu Guru Agama di Sekolah

“Pelaksanaan bimbingan teknis PPKB dilakukan sepenuhnya secara online. Kami bekerja sama dengan Pusdiklat Tenaga Teknis untuk mengintegrasikan LMS PPKB dengan Smart MOOC. Oleh karena itu, guru PAI mendapat sertifikat resmi diklat dan pengembangan keterampilan dari Pusdiklat, ujarnya.

Secara teknis, Bimtek PPKB akan dimulai dengan mata kuliah yang dipimpin dosen pada tanggal 6 hingga 10 November 2023 sesuai kuota yang tersedia. Selain itu, seluruh guru PAI wajib melakukan pengecekan akun Siaga untuk memastikan keikutsertaan. ? Penjurian peserta Bimtek akan diumumkan pada 20 November 2023. Bimtek dilaksanakan pada 22 November hingga 1 Desember 2023, mulai pukul 13.00 hingga 17.00 waktu setempat.

Anda dapat menemukan artikel edukasi menarik lainnya di tautan ini. Pidato Politik AHY berbicara tentang pentingnya investasi sumber daya manusia bagi kemajuan negara. Investasi sumber daya manusia bergantung pada penguatan mutu pendidikan Musikktropp 6 Februari 2024